Go to ...
RSS Feed

September 23, 2019

Panti Lansia Santa Monika – Boro


Pelayanan social adalah pelayanan awal para suster OSF di Indonesia yang menjawab langsung kebutuhan-kebutuhan kongkrit setempat pada jaman itu. Salah satu bentuk pelayanan sosial kesusteran OSF adalah dengan dibentuknya Yayasan Brayat Pinuji. Yayasan Brayat Pinuji ini memiliki 9 panti yang terdiri dari 5 panti asuhan, 1 panti wreda, 1 panti SDLB dan 2 panti sosial.Panti Wreda Santa Monika adalah Panti yang berkedudukan di dusun Boro, Kelurahan Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. Panti Wreda Santa Monika bernaung di bawah Yayasan Sosial Brayat Pinuji yang berkedudukan di Jalan Ronggowarsito 8, Semarang.PANTI WREDA SANTA MONIKA didirikan atas rasa keprihatinan para Suster dari Perkumpulan Suster-Suster Santo Fransiskus di Semarang kepada para lansia yang hidupnya kurang beruntung.
Pada awal mulanya para Suster memikirkan kelanjutan kehidupan dari para lansia yang telah mengabdikan hidupnya dengan membaktikan sebagian waktu mereka untuk membantu kelangsungan karya para Suster.Dalam proses dan waktu berjalan, PANTI ASUHAN BRAYAT PINUJI juga mengalami perkembangan dalam membina, mendampingi serta mendidik anak-anak yang hidupnya kurang beruntung sehingga membutuhkan tempat yang lebih luas baik untuk tempat tinggal anak-anak maupun untuk kegiatan dan usahanya.
Pada bulan Februari tahun 1995 Panti Asuhan Putri pindah kelokasi yang baru. Apa yang telah dipikirkan para Suster untuk memberi tempat pada para lansia mulai ditindaklanjuti, maka sebagian bekas gedung lama Panti Asuhan mulai direnovasi seperlunya guna tempat tinggal bagi para lansia.Tepat tanggal 18 Desember 1997 para Suster yang berkarya di dusun Boro menerima para lansia yang mau tinggal di panti.
Pada awal didirikan jumlah penghuni panti wreda hanya 3 orang. Menjawab kebutuhan para lansia yang sangat membutuhkan uluran tangan para suster , tidak hanya terbatas untuk para lansia yang sudah membantu karya para suster, maka pada akhirnya PANTI WREDA SANTA MONIKA berkembang dan membuka diri untuk menampung semua para lansia yang ingin hidup di panti.
Adapun kapasitas yang ada saat ini 17 kamar untuk 47 orang. Penghuni Panti Wreda Santa Monika dikhususkan untuk lansia wanita , berjumlah 34 orang yang berasal dari Banjarnegara, dan sekitar Yogyakarta.

More Stories From Bakti Sosial