Go to ...
RSS Feed

September 23, 2019

Hari kedelapan, Jaipur 8 Maret 2019


Visit India 8 Maret 2019.
Sekilas mengenai Jaipur.
Jaipur adalah kota terbesar di Rajasthan dan dibangun pada abad kedelapan belas oleh Sawai Jai Singh sebagai kota terencana pertama di India.
Jaipur merupakan objek wisata utama di antara wisatawan India sendiri dan wisatawan asing.
Merupakan Jalur Segitiga Emas “Golden Triangle” pariwisata yaitu Delhi, Jaipur dan Agra.
Banyak tempat yang bisa dikunjungi di Jaipur seperti Istana Kota, Kuil Govind Dev ji, Vidhan Sabha, Kuil Birla, beberapa benteng Rajput besar dan sebagainya.
Jaipur juga berfungsi sebagai tempat awal bagi para pelancong yang menuju ke kota-kota gurun seperti Jodhpur dan Jaisalmer.
Sekarang Jaipur berkembang pesat dan berbagai proyek pembangunan sedang dikerjakan oleh pemerintah dan perusahaan swasta.
Perencanaan kota dan pengembangan infrastruktur di Jaipur melebihi banyak kota di India lainnya.Jaipur sering disebut Kota Merah Muda mengacu pada bangunan-bangunannya yang berwarna-warni, yang awalnya dicat warna ini untuk meniru arsitektur batu pasir merah di kota-kota Maugham.
Warna merah bersahaja ini berasal dari pengecatan ulang bangunan yang dilakukan untuk menghormati kunjungan Pangeran Wales pada tahun 1876.

Sejarah
Jaipur mendapatkan namanya dari pendirinya Maharaja Jai Singh II (1693-1744) yang dikenal sebagai prajurit dan astronom yang hebat.
Dia berkuasa pada usia 11 tahun setelah wafat ayahnya Maharaja Bishan Singh. Silsilah Jai Singh dapat ditelusuri kembali ke Kucchwaha Rajput, klan yang berkuasa pada abad ke-12.
Klan mereka merupakan saingan lama Sisputra Rajput yang memerintah dari Mewar. Persaingan ini membuat mereka bersekutu dengan Mughal, dan aliansi ini membuat mereka akhirnya mendapatkan posisi unggul di Rajasthan.
Menguasai Benteng Amber yang megah yang mereka bangun, kekuatan Kucchwahas meliputi kerajaan Mewar (Udaipur) dan Marwar (Jodhpur).
Setelah Jai Singh berkuasa, ada saat kegelisahan ketika ia mendukung upaya putra Aurangzeb Azam Shah untuk naik takhta. Azam Shah kalah dalam pertempuran memperebutkan kekuasaan dengan saudaranya Bahadur Shah, yang lalu menuntut mundurnya Jai Singh dan menaikkan Vijay Singh ke takhta Jaipur.Jai Singh, bukan orang yang gampang dipaksa mundur, ia lalu membentuk pasukan yang tangguh melawan Mughal dengan menyejajarkan dirinya dengan negara-negara Rajput lainnya dan mengembalikan dirinya ke kekuasaan.
Setelah peperangan mereda, masa kedamaian dalam memerintah dan kerajaan menjadi makmur dan kekuasaannya melebar.
Jai Singh membangun kota di sekitar benteng Amber untuk berfungsi sebagai ibukotanya, dan kota itu lalu dinamai Jaipur, sesuai namanya.
Sebagian besar penghargaan untuk kota Jaipur jatuh ke Vidhyadhar Bhattacharya, arsitek kepala dari Bengal yang dengan persetujuan Jai Singh, mendirikan kota itu dengan prinsip-prinsip ilmiah yang kuat, yang disusun menurut Shilpa Shastra, manual arsitektur kuno.
Hal itu menjadikannya salah satu kota terencana terbaik di India. Namun, ekspansi itu berakibat bahwa sumber air yang terbatas terbukti tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan kota tersebut.
Setelah kematian Jai Singh pada tahun 1744, putra-putranya bertengkar untuk mendapatkan kekuasaan dan tanpa adanya seorang raja, kerajaan menjadi terbuka untuk invasi dan negara-negara bagian Rajput yang berdekatan dan para Maratha lalu merebut wilayah kerajaan yang luas.
Walau menjadi rebutan akan tetapi biar bagaimanapun, tetap menjadi bagian dari kerajaan, yang berlangsung selama zaman penjajahan Inggris. Seperti halnya dengan Mughal, Jaipur mempertahankan hubungan baik dengan Inggris dan selama perang kemerdekaan pada tahun 1857 tetap setia kepada Raj.
Namun kemudian Inggris secara bertahap mulai mengusik atas kemerdekaan negara dan melakukan kontrol yang lebih besar atas administrasi.
Pada tahun 1876, Maharaja Ram Singh mengecat seluruh kota dengan warna merah muda, secara tradisional merupakan warna yang terkait dengan keramahan, untuk menyambut Pangeran Wales (kemudian Raja Edward VII) yang berkunjung ke kota.
Tradisi ini tetap dipertahankan dan hingga hari ini semua penduduk di kota tua “dipaksa” oleh hukum untuk mempertahankan warna merah muda tersebut.
Jaipur mendapat julukan kota merah muda.Maharaja Ram Singh juga membangun Danau Ramgarh untuk memasok air ke kota yang sedang berkembang.
Selama abad ke-19 dan ke-20, populasi kota menyebar melampaui temboknya.
Pada tahun 1922, Man Singh II naik takhta dan pada masa pemerintahannya bangunan sipil seperti sekretariat negara, sekolah, rumah sakit dan bangunan publik lainnya dibangun.
Setelah kemerdekaan, Jaipur bergabung dengan negara bagian Jodhpur, Jaisalmer dan Bikaner untuk membentuk negara bagian Rajasthan.
Pada tahun 1956, Jaipur menjadi ibu kota negara bagian Rajasthan

Perjalanan menjelajah Jaipur
Pagi ini jam 6:30, saya dan pak Yendie serta mas Lim sudah menjelajah jalanan sambil hunting .. mencoba beberapa ATM tetap tidak bisa … salah satu hal yang kurang di India adalah susah nya menarik uang dari ATM di India, tidak semua ATM bisa … sebagian besar tidak bisa.
Sampai jam 8:00 kami jalan bolak balik dan akhirnya sarapan di Hotel.
Jam 9:00 kami mulai bergerak ke Hawa Mahal dengan berjalan kaki dari hotel yang memakan waktu sekitar 30 menit saja.
Mengenai Hawa Mahal akan di ceritakan terpisah, bangunan yang cantik yang sayangnya kurang terawat. [Klik disini]
Jam 12:30 kami lalu bergerak menuju City Palace, suatu tempat wisata yang akan juga diceritakan terpisah karena cukup panjang dan menarik. [Klik disini]
Jam 14:00 kami lalu makan siang di resto Baradari yang terletak tidak jauh dari City Palace, katanya ini termasuk resto yg banyak direkomendasikan.
Setelah itu kami ke Mall sebentar mencari tas buat tempat tambahan oleh-oleh lalu kembali ke hotel sekitar jam 17:00 … semua kesana sini naik Tuktuk dengan biaya antara 100 sd 150 rupee buat bertiga …
Malam nya karena bu Sawitri dan bu Dinny belum lihat tarian India nya maka kami kembali lagi makan malam di resto Surabhi kemudian saya, pak Yendie dan mas Lim cari ATM sebentar … sayang nya ada beberapa ATM tidak bisa digunakan oleh pak Yendie, sedang saya cuma bisa sekali saja mengambil uang nya …
Berakhir lah aktifitas hari ini dan besok merupakan hari terakhir sebelum malam nya kembali ke Indonesia.

Tags: ,

More Stories From Asia