Go to ...
RSS Feed

July 22, 2019

Hari ketujuh, Agra 7 Maret 2019 – India


Visit India 7 Maret 2019
Agra “Dream in Marble”
Jam 4:30 pagi saya sudah bangun dan setelah mandi, jam 5:30 pagi segera kami serombongan jalan menuju Taj Mahal, sudah cukup banyak orang sepagi itu menuju arah Taj Mahal, padahal langit masih gelap. Perjalanan sekitar 1.4 Km memakan waktu kurang lebih 25 menit dan segera kami antri tiket.
Harga tiket 1000 rupee kalau tidak masuk mouseleum, tambah 300 rupee bila mau lihat makam Taj Mahal, kami ambil yang sekalian lihat makam… sudah sampai di Agra masak sih nggak sekalian lihat makam Taj Mahal.
Antri masuk dipagi hari cukup panjang dan dipisah jalur wanita dan pria nya … jam 6:25 kami mulai antri masuk, pemeriksaan ketat sekali .. tidak boleh ada makanan, rokok dan beberapa barang lain nya, bisa sih dititipkan tapi saya memilih membuang beberapa roti yg saya bawa karena mengurus penitipan juga akan lama sekali.
Kompleks Taj Mahal memang luas sekali dan memang harus dikunjungi karena memang sangat indah.

Info mengenai Taj Mahal [klik disini]

Sekitar jam 8:30 setelah 2 jam berkeliling, kami keluar kembali menuju hotel dengan mampir ke beberapa toko cinderamata dan sarapan dulu .. saya makan roti Naan dan secangkir kopi saja sudah cukup.Jam 11:00 kami menggunakan mobil yang sama dari New Delhi kemarin berkunjung ke Tomb of I-timad Ud Daulah … makam ini katanya dulu menginspirasi dibangun nya Taj Mahal.Tidak terlalu luas dan tampak tidak terpelihara dengan baik, karcis nya 200 rupee per orang.Tidak lama disini mobil lalu bergerak ke “Agra Fort” Benteng Agra yang cukup besar, tapi yang turun lihat benteng ini hanya mas Lim saja ditemani Riska.
Jam 13:30 mobil bergerak lagi menuju Jaipur dan perjalanan cukup jauh sekitar 6 jam.
Kami berhenti untuk makan siang jam 14:30 di Ganpati Resorts, makanan India prasmanan 600 rupee per orang nya.
Jam 15:30 perjalanan dilanjutkan ke Jaipur…
Sempat berhenti sejenak ke Toilet dan minum Cai di warung kecil setempat yang punya keanehan yaitu sehabis minum lalu kita menghancurkan gelas dari gerabah tanah liat .. mungkin harga gelas sederhana ini lebih murah dari plastik atau apapun dan lebih ramah lingkungan ya… suatu kearifan lokal.
Menjelang jam 19:30 kami memasuki kota Jaipur yang sekilas tampaknya lebih tertata dibandingkan Agra walau lalu lintas nya tetap semrawut khas India. Kami di Jaipur menginap di Hotel Rawla Mrignayani Palace, sebuah bangunan tua gaya kolonial dan antik dengan tangga naik turun nya …
Alamat hotel di Old Amer Road Rao Kriparam Ki Haveli, Opp Silver Art Palace, Jaipur 302002 India.
Setelah mendapat kamar lalu kami jalan keluar sebentar mencari makan malam dan juga tukar uang karena uang Rupee sudah menipis banget.Ada resto dekat hotel, resto Surabhi sekitar 100 m jaraknya dari hotel yang menyajikan makanan yang enak rasanya dan juga ada pertunjukan tari India nya, jadi sambil makan kita bisa lihat tarian dan musik live India…
Jam 22:00 kami kembali ke hotel dan beristirahat untuk menyiapkan tenaga menghadapi aktifitas besok di Jaipur.

Tags: ,

More Stories From Agra