Go to ...
RSS Feed

July 22, 2019

Qutub Minar – New Delhi


Qutub Minar – New Delhi.
Kadang dieja sebagai Qutab Minar, atau Qutb Minar, adalah sebuah menara yang termasuk bagian dari kompleks Qutab, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO berlokasi di daerah Mehrauli di Delhi, India.Qutub Minar merupakan menara setinggi 73 meter (239,5 kaki) terdiri dari lima lantai, dengan diameter dasar 14,3 meter (47 kaki), mengecil menjadi 2,7 meter (9 kaki) di bagian atas puncak.Qutab Minar didirikan bersama dengan Masjid Quwwat-ul-Islam sekitar tahun 1192 oleh Qutab-ud-din Aibak, penguasa pertama Kesultanan Delhi.
Kompleks masjid adalah salah satu bangunan yang paling awal yang masih bertahan di anak benua India.
Menara ini dinamai Qutab-ud-din Aibak, atau Qutbuddin Bakhtiar Kaki, seorang suci sufi.
Lantai dasarnya dibangun di atas reruntuhan Lal Kot, benteng Dhillika.
Pengganti Aibak, Iltutmish menambahkan tiga lantai lagi. Lantai paling atas menara rusak oleh petir pada 1369 dan dibangun kembali oleh Firuz Shah Tughlaq, yang menambahkan lantai lain.Pada 1505, gempa bumi merusak Qutub Minar; lalu diperbaiki oleh Sikander Lodi.
Pada 1 September 1803, gempa bumi besar menyebabkan kerusakan parah.
Mayor Robert Smith dari Angkatan Darat India Britania merenovasi menara pada tahun 1828 dan memasang kubah pilar di atas lantai lima, sehingga menciptakan menara keenam. Kubah itu lalu diturunkan pada tahun 1848, di bawah instruksi dari The Viscount Hardinge, saat itu Gubernur Jenderal India.
Lalu dibangun ulang di permukaan tanah di sebelah timur Qutab Minar, di mana ia saat ini berlokasi.
Bangunan ini dikenal sebagai “Smith’s Folly”.
Arsitektur
Gaya menara bermotif pada bentuk Menara Menara Jam di Afghanistan, dan digabungkan dengan gaya arsitektur lokal.
Sejumlah prasasti/catatan dalam tukisan Persia/Arab dan Nagari di berbagai tempat dibagian Qutub Minar mengungkapkan sejarah pembangunannya, dan restorasi serta perbaikan selanjutnya dilakukan juga oleh Firoz Shah Tughluq (1351–89) dan Sikandar Lodi (1489–1517).
Menara ini memiliki lima lantai tapering superposis. Tiga lantai terendah terdiri poros bergalur berbentuk silinder, dipisahkan oleh flensa dan oleh balkon bertingkat.
Lantai keempat terbuat dari marmer, dan relatif polos. Kelima adalah marmer dan batu pasir.
Flensa adalah batu pasir merah yang lebih gelap warnanya, dan diukir dengan teks-teks Alquran dan elemen dekoratif.
Seluruh menara berisi tangga spiral dengan 379 anak tangga.
Di kaki menara terletak Masjid Quwat ul Islam. Menara miring sedikit lebih dari 65 cm dari vertikal, yang dianggap berada dalam batas aman, meskipun para ahli telah menyatakan bahwa pemantauan diperlukan jika rembesan air hujan semakin melemahkan fondasi.Qutub Minar kemudian menjadi inspirasi dan prototipe untuk banyak menara dan menara yang dibangun setelahnya. Chand Minar dan Mini Qutub Minar memiliki kemiripan dengan Qutub Minar dan terinspirasi dari itu.
Kecelakaan
Sebelum 1974, pengunjung diizinkan masuk ke puncak menara, melalui tangga internal. Pada 4 Desember 1981, penerangan di tangga mengalami gangguan.
Antara 300 dan 430 pengunjung berebut lari ke arah pintu keluar, 47 orang tewas dan beberapa terluka. Sebagian besar dari mereka adalah anak-anak sekolah.
Sejak itu, menara ini ditutup untuk umum.

Tags: ,

More Stories From Asia