Go to ...

March 19, 2019

Hari kelima, New Delhi 5 Maret 2019 – India

Visit India 5 Maret 2019
Sesuai jadwal hari ini rombongan akan menuju New Delhi, karena plan nya jam 7:00 sudah berangkat ke Bandara maka pagi ini kami semua sudah bangun lebih pagi dari biasanya dan sarapan dengan menu juga seperti biasanya, Roti Naan dan roti tawar berbalut telur dadar sudah tersedia dan tak lupa juga Cai.
Kemudian kami semua bersiap-siap meninggalkan Goona Palace houseboat yang sudah 3 malam menampung kami di Srinagar.
Dari Goona Palace, kami berangkat jam 7:10 dengan perahu penyeberangan lalu dengan mobil yang sama menuju Bandara.
Mr Goona ikutan mengantar sampai bandara sedang Shahid, yang membantu Mr. Goona hanya menyebrangkan perahu yang berisikan koper dan barang bawaan sampai mobil yang akan memberangkatkan kami ke bandara.
Sepanjang jalan banyak tentara India berjaga dengan senjata ditangan dan menjelang 1 km dari Bandara sudah dimulai pengecekan pertama bagasi dan ternyata Mr Goona tidak bisa ikut mengantar sampai bandara, harus turun dilokasi ini.Sesampai di Bandara banyak antrian dari militer India entah mau terbang kemana dan kami harus menunggu dibukanya counter Air India dan sambil menunggu waktu kami berbincang di cafe kecil didekat pintu masuk bandara.
Bandara Srinagar tidak besar, kalau dibandingkan dengan bandara di Indonesia yang setara saya pikir bandara di tempat kita jauh besar, lebih bersih dan lebih baik.
Di bandara ini juga kita harus menunggu diluar diudara terbuka sebelum masuk bandara, kalau udara dingin ya cukup menyiksa juga sebenarnya.
Akhir nya ada orang Air India datang dan atas bantuan dia, kami bisa masuk tanpa ikutan antri rombongan militer India …
Pemeriksaan lumayan ketat, semua diperiksa termasuk handcarry yang kita tenteng masuk pesawat, cuma kita tidak usah melepaskan ikat pinggang, jam dan cincin kita kalau dipakai dan juga air minum masih lolos walau lebih dari 100 ml.
Kita harus mengisi formulir lagi seperti saat kedatangan yg mungkin untuk menandakan kita sudah meninggalkan Kashmir.Cukup surprise, banyak burung berada dalam bangunan bandara, aneka burung sehingga tampak agak kotor.
Pesawat menuju New Delhi, Air India no AI 828, ternyata terlambat alias delay dari rencana terbang jam 11:00 dan molor sampai jam 14:00 baru mulai siap terbang.
Penerbangan dari Srinagar ke New Delhi ditempuh dalam waktu 1 1/2 jam dengan pesawat A320.
Selama perjalanan kita mendapat Lunch yang terdiri dari roti prata, nasi dan kari lalu kue seperti buah plum yang manis sekali rasanya dan yoghurt.
Akhirnya kami mendarat juga di New Delhi.Dari Bandara Indira Gandhi New Delhi menuju Hotel Baba perjalanan cukup mendebarkan karena ternyata lalu lintas di India, dimana mana sangat semrawut banget.Sesampai di Hotel Baba, hotel kuno untuk traveller kami mengaso sejenak dan kemudian sore harinya setelah magrib kami berjalan kaki kekawasan Rajiv Chowk.Akhirnya pilihan jatuh untuk makan malam di Cafe Tonino dan makan ala Italia dan pizza.Kembali ke Hotel lalu naik Tuktuk dengan biaya 80 rupee.