Go to ...
RSS Feed

August 18, 2019

Hari keempat, Sonamarg 4 Maret 2019 – India


Sonamarg, Meadow of Gold (“Padang Rumput Emas”) adalah sebuah pos perbukitan di Distrik Ganderbal di Negara Bagian Jammu dan Kashmir, India.
Geografi
Sonamarg terletak di wilayah Pegunungan Himalaya di dekat Gletser Kolhoi dan Gletser Machoi dengan beberapa puncak gunung memiliki tinggi lebih dari 5000 meter seperti Puncak Sirbal, Puncak Kolhoi, Puncak Amarnath, dan Puncak Machoi. Sonamarg terletak di pinggiran Sungai Sindh yang merupakan anak sungai terbesari dari Sungai Jehlum dengan jarak 87 km timur laut ibu kota negara bagian di Srinagar. Sonamarg merupakan destinasi wisata populer dengan wilayahnya yang dikelilingi gunung-gunugn Himalaya.
Sonmarg terletak pada ketinggian 2800 meter di atas permukaan laut.
Demografi
Sonamarg tidak memiliki penduduk tetap sepanjang tahun dan tidak dapat diakses selama musim dingin dengan salju yang lebat dan kerawanan terjadinya longsor.
Pada sensus penduduk India tahun 2011, Sonamarg memiliki populasi sejumlah 392 jiwa tidak termasuk turis dan pekerja di sektor pariwisata.
Sejarah
Sonamarg memiliki kepentingan historis sebagai salah satu titik di Jalur Sutra.
Sonamarg beserta Gilgit berada di wilayah penghubung Kashmir dan China. Celah Zojila berada 15 kilometer ke arah timur. Sonamarg menjadi wilayah penting bagi India dalam mengendalikan bagiannya di Kashmir.
Pariwisata
Sonamarg sebagai wilayah pegunungan terpencil menjadi objek pariwisata. Sungai Sindh dengan meandernya menjadi habitat dari beberapa jenis ikan trout.
Iklim di Sonamarg relatif sejuk dengan hujan yang terjadi sering namun tidak dengan lebat kecuali untuk beberapa hari di bulan Juli dan Agustus. Dari Sonamarg, terdapat jalur trekking menuju danau-danau di Himalaya seperti Danau Vishansar, Danau Krishansar, Danau Gangabal, dan Danau Gadsar yang dihuni oleh ikan trout salju dan trot cokelat.
Sebuah lembah kecil di Baltal terletak 15 km ke arah timur dari Sonamarg. Baltal terletak di dekat gua suci Amarnath is yang merupakan lokasi Amarnath yatra.
Dinas pariwisata Jammu dan Kashmir mengadakan kompetisi arung jeram tahunan yang diikuti juga oleh partisipan mancanegara.

Perjalanan ke Sonamarg.
Jam 9:30 setelah sarapan seperti biasa, Roti Naan dan telor dadar/roti tawar, kami naik perahu ke pangkalan mobil dan menuju ke Sonamarg.
Sepagian hujan turun tetapi langit menjadi terang saat kami bersiap menuju Sonamarg.
Perjalanan ke Sonamarg jaraknya lebih jauh dibandingkan ke Gulmarg dan seperti ke Gulmarg, salju juga memenuhi pegunungan dikiri kanan jalanan yang kami lewati.
Sesampai didekat Sonamarg, di resto C-Zara kami berhenti sebentar untuk menumpang ke Toilet dan mulai naik kuda menuju atas ke Thajiwas Glacier .. dengan biaya 750 rupee kita bisa naik kuda keatas dan kembali ke pangkalan dibawah.Untung nya angin bisa dibilang tidak ada sehingga udara walau masih minus sekitar 4 derajat tetapi masih bisa ditahan tanpa sarung tangan.
Perjalanan naik kuda merupakan perjalanan yang mengasikkan dengan pemandangan hamparan ketebalan salju menutupi jalan, rumah, mobil dan semua halaman … menampilkan suasana yang tidak bisa dibayangkan… apalagi kalau malam hari.Diatas di Thajiwas Glacier kami tidak bisa meneruskan perjalanan karena selurh area tertutup salju tebal dan juga terjadi hujan salju yang cukup mengganggu, maka maggie dan cai menjadi penghangat perut sementara.
Salju mulai turun lagi dan cukup deras bak hujan gerimis, kami berkuda lagi menuruni jalanan menuju pangkalan kuda dibawah.Sesampai dibawah di C-Zara resto sekitar jam 2:15 lalu kami makan siang.
Lalu jam 3:00 kami bergerak kembali menuju ke Srinagar … masuk kota Srinagar sekitar jam 17:10 … kembali team mencoba makanan India di Khayam Chowk, setelah itu waktunya balik ke houseboat buat siap siap perjalanan besok ke Delhi.Ternyata didekat pangkalan perahu tempat penyeberangan kami itu ada ATM dan berfungsi baik, lalu kami jalan dan menyeberang disore hari yang cerah ….
Pemandangan Dal Lake dengan latar belakang pegunungan yang tinggi dan salju sangat mengesankan sekali .. sore terakhir berada di Srinagar.
.

Tags: , ,

More Stories From Asia