Go to ...
RSS Feed

November 12, 2019

Hari kedua, Srinagar 2 Maret 2019 – India


Sekilas mengenai Kota Srinagar
Srinagar
Srinagar adalah kota terbesar dan ibukota musim panas di negara bagian India, Jammu dan Kashmir.Terletak di Lembah Kashmir di tepi Sungai Jhelum , anak sungai dari Indus , dan danau Dal dan Anchar . Kota ini dikenal dengan lingkungan alamnya, taman, tepi laut dan rumah perahu . Ia juga dikenal dengan kerajinan tradisional Kashmir dan buah-buahan kering . Ini adalah kota paling utara di India dengan lebih dari 1 juta orang.
Catatan paling awal, seperti Rajatarangini dari Kalhana, nama S iri-nagar (atau Sri-nagara) disebutkan, yang pada gilirannya merupakan transformasi lokal dari nama Sanskerta S ūrya-nagar , yang berarti “Kota Matahari”. Nama Sri-nagar juga digunakan dalam catatan Dinasti Tang Tiongkok.
Atau, ia mungkin mengambil namanya dari dua kata Sanskerta : śrī (terhormat), dan nagar (kota), yang akan menjadikannya “Kota Kekayaan”.Srinagar adalah salah satu dari beberapa tempat yang disebut “Venice of the East”. Danau di sekitar kota termasuk Dal Lake – terkenal karena “Houseboat” rumah perahu – dan Nigeen lake.
Selain Dal Lake dan Nigeen Lake, ada Wular Lake dan Manasbal Lake, keduanya terletak di utara Srinagar.
Wular Lake adalah salah satu danau air tawar terbesar di Asia.Pasar sayuran terapung juga ada di Dal Lake, satu-satunya Pasar terapung di India
Srinagar memiliki beberapa Mughal Garden “Taman Mughal”, membentuk bagian dari yang diletakkan oleh kaisar Mughal melintasi anak benua India. Yang ada di Srinagar dan sekitarnya termasuk Chashma Shahi (air mancur kerajaan); Pari Mahal (istana para peri); Nishat Bagh (taman musim semi); Shalimar Bagh ; Naseem Bagh.
Jawaharlal Nehru Memorial Botanical Garden merupakan taman botani terletak di kota ini, didirikan pada tahun 1969.Pemerintah India telah memasukkan taman-taman ini di bawah “Kebun Mughal Jammu dan Kashmir” dalam daftar tentatif untuk situs yang akan dimasukkan dalam situs warisan dunia .
Istana Sher Garhi memiliki gedung-gedung administrasi dari pemerintah negara bagian. Istana lain dari Maharaja, Gulab Bhavan , kini telah menjadi hotel Lalit Grand Palace.
Kuil Shankaracharya yang terletak di puncak bukit di tengah kota, di samping Kuil Kheer Bhawani adalah kuil-kuil Hindu yang penting di kota itu.

Perjalanan
Pagi hari setelah sarapan ala kadarnya, jam 7:30 kami serombongan menuju bandara New Delhi untuk terbang menuju ibukota Kashmir, Srinagar.Kami naik Vistara, airplane India UK 611 New Delhi ke Srinagar.
Ada perasaan tegang sedikit karena menurut berita di Kashmir terjadi perseteruan antara India dan Pakistan.Mendarat di Bandara Srinagar sudah ada pengumuman tidak boleh mengambil foto atau video sebelum lepas bandara, wah makin dag dig dug juga … apalagi bandara Srinagar dipenuhi tentara dan juga orang Kashmir yang pulang Umroh… pemandangan yang kontras.
Setelah mengisi formulir kedatangan, lalu kami dengan mobil carteran menuju ketempat kami akan tinggal untuk 3 malam yaitu di houseboat ditepi Danau … Dal Lake.Melihat kota Srinagar mengingatkan saya saat tinggal di Yangoon tahun 1997, kotanya agak kumuh dengan lalu lintas khas India yaitu semrawut… sampai ketika mobil berhenti, kaget juga mana hotelnya … yang ada hanya perahu dengan houseboat berjejer dikiri kanan danau …Tuan rumah kami namanya Mr. Goona sesuai dengan nama houseboat nya Goona Palace yang kata nya nenek moyang Mr. Goona ini berasal dari China muslim yang tersingkir dan menetap di Kashmir. Alamat Goona Palace ini di Ghat no 12, Boulevard Road, Goona Land, Dal Lake, 190001 – Srinagar India.Makan Malam pertama di Srinagar

Tags: , ,

More Stories From Asia