Go to ...
RSS Feed

August 18, 2019

Museum of Cham Sculpture. – Da Nang


Museum Patung Cham adalah museum yang terletak di Distrik Hải Châu, Đà Nẵng, Vietnam tengah, dekat Sungai Han.
Perencanaan Museum patung Cham di Da Nang pertama kali diusulkan pada tahun 1902 oleh Departemen Arkeologi EFEO.Henri Parmentier, arkeolog terkemuka dari departemen arkeologi, memberikan kontribusi besar untuk kampanye pembangunannya. Dilaporkan didirikan pada tahun 1915 sebagai Musée Henri Parmentier, bangunan museum pertama dibuka pada tahun 1919 dan dirancang oleh dua arsitek Prancis, M. Deleval dan M. Auclair, yang terinspirasi oleh Parmentier untuk menggunakan beberapa elemen Cham tradisional dalam komposisi. Sebelum pendirian museum, situs ini dikenal sebagai “taman pahatan” dan banyak pahatan Cham yang telah dikumpulkan di Da Nang, Quảng Nam dan tempat lain telah dibawa ke tempat ini selama dua puluh tahun sebelumnya.
Museum ini telah diperluas dua kali. Ekspansi pertama terjadi pada pertengahan 1930-an, dengan dua galeri baru menyediakan ruang pamer untuk objek yang ditambahkan pada 1920-an dan 1930-an.Henri Parmentier mengarahkan tampilan berdasarkan area tempat patung ditemukan. Ruang lantai 1000 meter persegi diatur untuk koleksi Mỹ Sơn, Trà Kiệu, Dng Dương, Tháp Mẫm, Quang Tri, Qu Ngng Ngãi, Bình Định dan Kon Tum.
Pada tahun 2002, Museum ini kembali diperluas dengan bangunan dua lantai yang menyediakan tambahan 1000 meter persegi. Bangunan baru tidak hanya menyediakan ruang untuk pajangan, tetapi juga untuk penyimpanan, perpustakaan, bengkel restorasi, dan kantor untuk staf.
Sebelum 2007, Museum ini dikelola oleh Museum Da Nang, organ administrasi yang bertanggung jawab atas museum dan warisan kota.
Pada tahun 2008 menjadi berafiliasi dengan kota Departemen Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata.
Museum ini memiliki koleksi patung Cham terbesar di dunia dan merupakan tujuan wisata yang populer di Da Nang.

Tags: ,

More Stories From Da Nang - Hoi An