Go to ...
RSS Feed

December 14, 2018

Kuil Sinheungsa


Sinheungsa, kadang-kadang dieja Shinheungsa, adalah kuil kepala dari Orde Jogye Buddhisme Korea.
Kuil ini terletak di lereng Seoraksan di Sokcho, Provinsi Gangwon, Korea Selatan.
Sinheungsa terletak di Taman Nasional Seoraksan, dan banyak turis mendaki Seoraksan hingga Ulsanbawi (puncak) jalan melewati kuil ini.
Kuil-kuil lain dengan nama yang sama, Sinheungsa, terletak di Seoul, Samcheok dan Icheon.Awal mula.
Catatan sejarah ternyata ada perbedaan mengenai kapan kuil kuno Zen (Seon) ini pertama kali dibangun oleh Jajang pada tahun 653, yang pertama disebut Hyangseongsa (Kuil Buddhisme Zen), atau pada tahun 637 setelah kembali dari Tang Cina.
Kuil ini pernah dibakar rata dengan tanah pada 699, dibangun kembali pada tahun 710, lalu dibakar lagi pada 1645 dan dibangun kembali pada 1648 di lokasinya sekarang oleh Uisang.
Kuil ini diyakini sebagai kuil Zen (Seon) tertua di dunia.

Buddha Perunggu
The Great Unification Buddha, patung Buddha perunggu setinggi 14.6 meter / 48 kaki, 108 ton, yang disebut “Tongil Daebul”, duduk di atas alas setinggi 4,3 meter / 15 kaki, dari bahan yang sama, membuat tinggi total 18,9 meter / 62 kaki, tidak termasuk penangkal petir dan nimbus.
Alas teratai diapit dengan 16 panel berukir halus dan dahi Tongil Daebul dihiasi dengan delapan batu amber 8 sentimeter / 3 inci, dengan sepotong batu giok di tengah dengan diameter 10-sentimeter / 4 inci.Tongil Daebul duduk dengan kaki disilangkan dan mata setengah tertutup dalam meditasi, bibirnya menampilkan senyum yang jelas.
Sebuah jubah yang mengalir dengan lipatan lembut, mengungkapkan bahu kanan, menggambarkan tubuh kuat Sang Buddha.
Tangan Tongil Daebul diposisikan di posisi mudra yang melambangkan “orang yang tercerahkan.”
Terdapat didalam patung berongga ini tiga potongan sari disumbangkan oleh pemerintah Myanmar, dan juga Tripitaka, kitab suci Buddhis asli.Proyek untuk membangun patung Buddha ini bernilai 3,8 milyar won ($ 4,1 juta), yang diperoleh melalui kontribusi selama lebih dari satu dekade dan lebih dari 300.000 sumbangan kecil dari donatur anonim yang mengunjungi kuil.
Patung ini mewakili keinginan penting dari orang Korea untuk reunifikasi negaranya yang terbagi dua.

More Stories From Asia