Go to ...
RSS Feed

April 26, 2018

Perjalanan Umroh (2) 2017 – Mekah


Hotel Hilton sudah berubah sama sekali dibandingkan saat saya 12 tahun lalu menginap disini, sepertinya dulu jauh lebih teratur dan bersih … saat ini kesannya sangat ramai dan susah untuk makan didalam hotel karena tempat makannya di Tower berlainan dan juga nunggu lift yang lama karena dipakai banyak jemaah.
Menu makanan nya sebenarnya lumayan bagus tetapi karena sering antri maka kami serombongan sering makan diluar hotel, terutama makan siang.Kondisi di Mekah sekarangpun luar biasa ramainya, rasanya lebih ramai dibandingkan saat musim haji dulu, mungkin orang sekarang cenderung Umroh saja karena untuk naik Haji memerlukan waktu tunggu yang lama sampai bertahun-tahun.
Salah satu keinginan saya saat Umroh ini adalah sembahyang Jumat di Masjid Al Haram, karena itu satu-satunya yang belum saya laksanakan saat haji dahulu dan Alhamdulillah bisa tercapai.
Kami melakukan ibadah Umroh saat itu juga dan walaupun suasana sangat ramai tapi bisa berjalan lancar sampai sai dan tahalul, lalu kembali ke hotel untuk beristirahat.Akhirnya Gundul juga sesuai janjiSuasana saat Tawaf Mekah “Clock Royal Tower” HotelJabal Rahmah dengan beberapa pancuran uap air mendinginkan udaraTempat Lempar Jumrah saat ini
Setiap waktu setiap saat tetap ramaiJamaah berbondong-bondong menuju masjidMekah yang sedang dibangun dan diperbaiki infrastrukturnya
Akhirnya tiba juga waktunya kembali ke tanah air setelah sekian hari berada di Tanah Suci, rasanya berat juga meninggalkan semua tetapi ada keyakinan suatu saat kami akan kembali lagi.
Rombongan lalu berangkat menuju Jedah dipagi hari menggunakan bus, kami akan naik Turish Air TK56 jam 2:40 waktu Arab Saudi menuju Istanbul sebelum berangkat menuju Jakarta, di Istanbul hanya stopover saja.
Tiba di Jakarta kembali jam 18:20 … karena mendapatkan tambahan 5 liter air zam-zam pemberian dari pak Mawardi, saya bisa berbagi banyak air Zam-zam sebagai oleh-oleh ke teman sekantor, Alhamdulillah ,,, terima kasih pak Mawardi .. semoga Allah SWT membalas segala kebaikan bapak.
Jedah sekilas.
Di Jedah ada beberapa tempat yang cukup menarik dikunjungi sebelum kembali ke Jakarta, terutama yang kangen Bakso dan juga masih mau belanja lagi.
Tentunya jangan dilupakan berkunjung ke Masjid Terapung …

More Stories From Haji - Umroh