Go to ...
RSS Feed

June 24, 2018

Museum Nabi di Al nabawi – Madinah


Museum Nabi Muhammad, membawa pengunjung napak tilas perjalanan Rasulullah di Kota Madinah. Dimulai dari gambar pohon yang menunjukkan silsilah keturunan Nabi Muhammad. Di area depan ini juga terpampang artikel yang menuliskan deskripsi Nabi Muhammad secara fisik, berdasarkan kesaksian beberapa sahabat nabi.Bergerak masuk lebih ke dalam, pengunjung bisa melihat maket Masjid Nabawi di zaman Rasulullah. Diceritakan salah seorang pemandu rombongan, kala itu Masjid Nabawi masih sangat sederhana dan arah kiblat masih ke Masjidil Aqsa. Dalam maket tersebut juga digambarkan rumah Rasul yang berada tepat di samping Masjid Nabawi.“Rumah Rasul dulu beratap pohon kurma. Dindingnya dari batu bata dan tanah liat yang dicampur dedaunan kurma kering,” jelas Pemandu Tour.
Di museum ini juga terdapat miniatur yang menggambarkan Kota Madinah pada zaman Rasulullah. Ditampilkan pula jalur yang dilalui Nabi Muhammad saat hijrah dari Madinah ke Jeddah, untuk menghindari kejaran kaum Quraisy.
Selesai napak tilas di Museum Nabi Muhammad, rombongan pun beralih ke Museum Asmaul Husna, yaitu 99 Nama Allah.Di Masjid Nabawi juga terdapat Galeri The Beautiful Names of Allah. Terletak di sebelah kanan kompleks Masjid Nabawi di antara hotel-hotel dan pusat perbelanjaan, galeri ini juga dikenal dengan nama Museum Asmaul Husna.Di dalamnya terdapat Asmaul Husna atau nama-nama yang baik milik Allah SWT. Yang menarik dari museum ini, nama-nama dari Allah SWT divisualisasikan dengan sesuatu yang nyata di muka bumi, sebagai contoh di awal berisi replika matahari dan planet-planet tata surya.
Di antara Asmaul husna juga terdapat foto-foto bukti tanda kebesaran Allah sepeti foto pohon giant sequioa, foto panas lahar gunung api serta foto tsunami di Aceh. Beberapa gambar ini memvisualisasikan kebesaran Allah SWT.

More Stories From Haji - Umroh