Go to ...
RSS Feed

April 26, 2018

Perjalanan Umroh (1) 2017 – Madinah


Setelah menunggu selama lebih dari 12 tahun akhirnya saya ke tanah suci lagi, kali ini saya ke Istanbul dahulu bersama rombongan, baru kemudian ke Madinah dan Mekah. Kami naik Turkish Air TK 108 dari Istanbul – Madinah, sampai Madinah 16:35.Rombongan Umroh Maret 2017 di Bandara Madinah Al-Munawarah
Suasana sudah berubah sama sekali dibandingkan 12 tahun yang lalu, terutama Al Nabawi yang halamannya sudah ditumbuhi “jamur payung” yang melindungi jamaah yang akan sembahyang dari terik matahari, suasana makin ramai malah lebih ramai dibandingkan suasana saat saya naik haji dahulu, padahal ini Umroh dan suasana seperti ini terjadi setiap hari …Tugu kota Madinah pun sudah diganti, suasana jalan didepan Al Nabawi terasa lebih luas dan lega tidak terkesan agak kumuh seperti tahun 2005.
Hotel Nozol Royall Inn yang saya tempati tidak jauh dari halaman Al Nabawi, mungkin hanya sekitar 300 meter saja sehingga cukup nyaman untuk pergi ke Nabawi dan sejauh yang kami alami, selalu bisa bersembahyang didalam masjid.
Untuk makan selama di Madinah bisa dibilang tidak ada masalah, malahan hampir selalu makan di hotel.Dihalaman Al Nabawi – Maret 2017Suasana malam hari disebelah hotel di Madinah
Beberapa tempat yang kami kunjungi juga sama persis seperti yang saya kunjungi 12 tahun yang lalu, perubahan mungkin hanya bentuk fisik saja seperti Kebun Kurma sudah ada bangunan yang bagus, sayangnya toilet nya kotor sekali.
Kami juga mengunjungi masjid Quba, melewati masjid Qiblatain dan beberapa tempat lainnya. Masjid Al Nabawi – Maret 2017Didepan Makam Nabi Muhammad SAWMakam Nabi Muhammad SAW dibawah kubah hijauMakam Hamzah, paman Nabi di Uhud – Maret 2017Pos Pengintaian jaman RasulullahMendalami Al Quran sambil menunggu waktu sembahyang Al NabawiMuseum – Perpustakaan di Al Nabawi
Maket Al Nabawi dijaman Nabi Muhammad SAW
Perjalanan dari Madinah ke Mekah setelah Zhuhur dan makan siang, tiba di Mekah sekitar jam 19:30 dan langsung ke Hotel Hilton, kami menempati Tower 3..
Sebelumnya kami sudah memakai pakaian Ihram terlebih dahulu dan niat ihram, jadi setelah beristirahat dan makan malam, kami bersiap-siap untuk Tawaf dan Sai melaksanakan Umroh.

More Stories From Haji - Umroh