Go to ...
RSS Feed

November 13, 2018

Yeni Camii (New Mosque) – Istanbul


Masih di distrik Fatih, tepatnya di seberang Galata Bridge dan samping Spice Bazaar ada sebuah masjid yang megah, Yeni Camii atau disebut juga NewMosque.
Masjid ini sebenarnya mulai dibangun sebelum Blue Mosque (Sultan Ahmet Camii) ada, pada tahun 1597. Kata ‘Yeni’ dalam bahasa Turki memiliki arti ‘baru’. Lalu, mengapa dinamai masjid baru?
Ternyata pembangunan masjid yang diprakarsai oleh Ibu Suri Safiye, ibu dari Sultan Mehmet III memakan waktu yang sangat lama, yaitu 66 tahun (1597-1663). Tertunda karena berbagai masalah, termasuk meninggalnya Sultan Mehmet III, sehingga sang Ibu Suri juga kehilangan kekuasaan.Struktur bangunan ini jadi terbengkalai sekitar setengah abad, serta sempat terbakar dan kena gempa bumi.
Di tahun 1660 pada masa pemerintahan Sultan Mehmet IV, Ibu Suri Turhan Hatice meminta pengerjaan masjid ini dilanjutkan, dan selesai pada tiga tahun kemudian tahun 1663.
Saat itu masjid-masjid kekaisaran Ottoman lainnya, yang sebenarnya mulai dibangun belakangan malah sudah berdiri lebih dulu, termasuk Blue Mosque.
Masjid dengan kubah megah setinggi 36 meter dan diameter 17,5 meter ini dikelilingi oleh bangunan kubah bertingkat dan ada empat buah pilar besar yang menunjang kubahnya.
Memiliki dua minaret, bagian dalam masjid ini dihiasi dengan marmer dan keramik Iznik dengan perpaduan warna putih, hijau, biru dan emas, serta jendela-jendela dengan kaca patri.
Pintu masjid yang tinggi menjulang juga dihiasi dengan mutiara yang sangat indah.

More Stories From 1. Mosque