Go to ...
RSS Feed

September 26, 2018

Hal-hal yang menarik dari Cappadocia – Turki


Proses terbentuknya lanskap unik di Cappadocia berawal sekitar tiga hingga empat juta tahun lalu, ketika serangkaian letusan gunung berapi mengguncang dataran tinggi Anatolia Tengah.
Nama Cappadocia berasal dari bahasa Persia ‘Katpaktukya’, yang memiliki arti Land of the Beautiful Horses (daerah tempat kuda-kuda yang bagus).Kawasan Cappadocia mulai dikenal dunia sejak Paul Lucas, warga negara Prancis yang memimpin ekspedisi pemerintah Prancis untuk mengeksplorasi Asia Timur Tengah pada awal tahun 1700-an, datang mengunjungi Turki dan menerbitkan buku tentang perjalanannya pada tahun 1712.
Di buku tersebut, Lucas menceritakan tentang sebuah tempat yang disebut Cappadocia di Turki bagian tengah.
Ada sekitar 150 underground city (kota bawah tanah) di seputar Cappadocia. Ada yang kedalamannya mencapai 60 meter di bawah tanah.
Dari seluruh kota bawah tanah yang ada di kawasan ini, yang tebesar adalah Derinkuyu. Diperkirakan 20.000 orang dapat hidup di sini.
Di samping biara Salime ada gugusan bukit dengan bentuk yang sangat unik.
Konon kabarnya, produser film Star Wars yang rilis pada tahun 1977, meminta izin untuk melakukan pengambilan gambar di sini, namun ditolak. Akhirnya pihak rumah produksi membangun set film yang terinspirasi dari struktur bebatuan unik di bukit tersebut.
Balon udara pertama kali diterbangkan di kawasan ini oleh dua orang Inggris pada tahun 1989. Saat itu karena biaya operasional yang tinggi dan belum ada saingan, maka harus merogoh kocek hingga ribuan dolar untuk menikmati pemandangan Cappadocia yang memesona dari atas balon udara.
Kawasan yang terletak sekitar 700 km dari Istanbul ini bukanlah nama kota atau distrik, bukan juga nama dari salah satu provinsi dari 81 provinsi yang ada di negara ini. Secara geografis, Cappadocia berada di pusat Anatolia. Lokasinya berada di tengah-tengah hamparan negara Turki yang luas.Daerah ini terkenal dengan bukit-bukit vulkaniknya yang lunak dan berbentuk unik, terbentuk dari tufa (semacam lava) akibat serangkaian letusan gunung berapi yang membeku dan kemudian terpahat oleh erosi. Lokasinya yang berada di dataran tinggi, membuatnya memiliki musim panas yang kering, dan musim dingin yang cenderung bersalju. Kini kawasan Cappadocia dibagi dalam beberapa distrik, yaitu Nevsehir, Aksaray, Nigde, Kayseri, dan Kirsehir. Serta wilayah-wilayah yang lebih kecil di sekitar perbukitan berbatu Cappadocia, yaitu Goreme, Orgup, Avanos, Uphisar, Dermkuyu, Kaymakli, dan Ihlara.

TRANSPORTASI
Transportasi umum di kawasan Cappadocia memang tidak terlalu banyak memiliki pilihan. Jika ingin memaksimalkan waktu Anda untuk berwisata di kawasan ini, saran saya lebih baik mengikuti tur. Biasanya hotel/hostel tempat kita menginap akan sekalian menawarkan,apakah mau ikut tur, jadi kita bisa pesan melalui mereka. Untuk harga, umumnya sama saja jika pesan dari agen travel lokal.
Jalan kaki dan sewa sepeda bisa jadi alternatif untuk ke tempat-tempat di sekitar kota tempat menginap.Bus umum di kawasan Cappadocia umumnya beroperasi antara pukul 07.00-20.00, dengan jadwal keberangkatan sekitar satu jam sekali. Tip jika ingin naik bus atau minibus, jangan lupa membawa peta.
Sebaiknya, Anda juga meminta tolong ke pegawai penginapan untuk menuliskan tempat tujuan Anda dalam bahasa Turki, sehingga jika tersesat, Anda bisa menunjukkannya ke pengemudi bus atau warga lokal.

More Stories From Asia