Go to ...
RSS Feed

September 23, 2019

Pulau Buru ditahun 2013


Pulau Buru merupakan salah satu pulau besar di Kepulauan Maluku. Dengan luas 8.473,2 kmĀ², dan panjang garis pantai 427,2 km, Pulau Buru menempati urutan ketiga setelah Pulau Halmahera di Maluku Utara dan dan Pulau Seram di Maluku Tengah. Secara umum Pulau Buru berupa perbukitan dan pegunungan. Puncak tertinggi mencapai 2.736 m.
Pulau ini terkenal sebagai pulau pengasingan bagi para tahanan politik pada zaman pemerintahan Orde Baru Presiden Soeharto.
Pelabuhan Ferry di Ambon menuju ke Namlea, Pulau Buru. Ruangan di Kapal Ferry, berangkat jam 20:00 dan mendarat di Namlea jam 5 pagi hari.
Menurut data BPS pada tahun 1997, jumlah penduduk Pulau Buru ialah 105.222 jiwa. Pada saat itu Buru terdiri dari 3 kecamatan, yaitu Buru Utara Barat dengan ibu kota kecamatan di Air Buaya, Buru Utara Timur dengan ibu kota kecamatan di Namlea dan Buru Selatan dengan ibu kota kecamatan di Leksula. Pada waktu itu pula ketiga kecamatan di Pulau Buru masih berada dalam wilayah Kabupaten Maluku Tengah yang beribu kota di Masohi, Seram. Komposisi penduduk berdasarkan agama pada 1997: 48% Islam, 41% Kristen, dan 11% lain-lain.
Penambangan Emas liar di Gunung batok. Bersama Ketua Adat di P. Buru. Kendaraan harus double gardan, jalanan yang rusak dan becek apalagi musim hujan. Ketua Adat yang dihormati di Kampung. Suasana Pasar di Pulau Buru Pohon Kayu Putih yang tersebar di seluruh pulau. Cara destilasi Minyak Kayu Putih jaman dahulu … sekarang mulai dilupakan. Masjid di Pulau Buru Peninggalan jaman Abri masuk desa di desa Brandeng.

More Stories From Indonesia