Go to ...
RSS Feed

November 13, 2019

Vatican – Roma


Kota Vatican adalah sebuah negara. Negara ini terletak di atas Bukit Vatican di sebelah Barat Laut kota Roma, Italia. Dengan kata lain, Vatican adalah negara di dalam negara Italia.
Antara Kota Vatican dan Italia dibatasi tembok kota sepanjang 3,2 km. Tembok itu dulu dibangun untuk melindungi Paus. Paus adalah pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia. Sejak berabad-abad lampau, Paus selalu tinggal di Vatican. Beliau ting gal di Istana Kepausan yang terletak dekat Basilika Santo Petrus.
Paus bukan cuma pemimpin agama. Paus juga kepala negara Vatican. Seperti umumnya sebuah negara, Vatican juga menjalin hubungan diplomatik dengan negara lain. Oleh sebab itu Vatican juga memiliki kedutaan besar di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Vatican terkenal dengan bangunan-bangunan megah di dalamnya. Kebanyakan bangunan itu telah dibuat berabad lalu oleh seniman-seniman hebat waktu itu.
Basilika Santo Petrus, selain besar, penuh dengan lukisan, patung-patung, dan karya seni tak ternilai harganya. Demikian pula dengan Kapel Sistine yang langit-langitnya dilukis oleh Michaelangelo.
Vatican juga memiliki perpustakaan hebat. Perpustakaan ini merupakan salah satu yang tertua, terlengkap, dan tercanggih di dunia. Perpustakaan Vatikan memiliki lebih dari 75.000 manuskrip dan lebih dari 1 juta buku.
Vatican juga memiliki kumpulan museum yang diberi nama Museum Vatican. Bangunannya megah. Isinya? Benda-benda seni tak ternilai. Mulai dari patung, lukisan, vas, sarkofagus, tempat lilin, dan banyak lagi.[bobo.grid.id]

Tags: , ,

More Stories From Eropa